Apa itu Server?

PENDAHULUAN

Pada sesi ini adalah penulis akan membagikan pengalaman tentang perangkat keras server. Saat ini penulis melakukan konfigurasi beberapa server menggunakan ASUS server yang berbasiskan teknologi Intel.

Beberapa alasan penulis menggunakan ASUS server

  • ASUS server adalah server yang menggunakan teknologi Intel yang sudah tidak diragukan lagi kehandalannya.
  • ASUS server harganya terjangkau, garansi 3 tahun onsite di kota kota besar Indonesia.
  • Tidak melakukan penguncian komponen dimana hard disk dan memory bisa menggunakan hard disk, dan memory yang ada dipasaran. Tetapi harus dipastikan bahwa hard disk yang digunakan adalah hard disk Enterprise dan memorynya ECC atau RDIMM.

GAMBARAN UMUM SERVER

Seringkali kita membaca dari artikel yang mengupas teknologi informasi dan disana tidak sedikit ditemukan kata ‘Server’. Nah sebelum membaca artikel lain mengenai hardware atau sofware server alangkah baiknya kalau memahami apa itu yang disebut dengan server.

Secara umum yang disebut dengan server adalah komputer induk dari semua komputer klien yang terhubung pada jaringan dimana server menyediakan services yang digunakan oleh komputer klien dalam jaringan contohnya seperti web server, database server, ftp server, mail server dll. Untuk perangkat keras server secara fisik tidak ada bedanya dengan PC desktop biasa yang terdiri dari processor, memory hard disk dan mainboard. Perbedaan utama antara server dan PC desktop adalah komponen server dibuat untuk 24×7 (24 jam x7 hari) atau dengan kata lain dibuat untuk keperluan kerja non stop dan memiliki performance yang jauh lebih baik dibanding komputer lainnya dalam hal menangani service jaringan . Berikut perbedaan umum antara Server, PC Desktop, Workstation dan Notebook.

Server Workstation PC Desktop
Definisi Komputer induk dari semua komputer yang menangani pengolahan, pendistribusian dan penyimpanan data terpusat Komputer atau PC yang digunakan untuk aplikasi seperti graphic art, Desain 3-D, Video Editing Komputer yang oleh perseorangan sehari hari di rumah atau perkantoran.
Fungsi Melayani service jaringan, Perkantoran, Edukasi dll. Business, Design, Engineering, Multi-Media Production. Umum ( internet, perkantoran dsb)
GUI Optional Terinstal Terinstal
Performa Menangani beban berat dalam periode yang lama Memiliki multimedia dan sangat baik digunakan untuk aplikasi graphic atau video Baik dan didesain untuk kerja 8 jam x 7 bukan untuk menangani beban berat dalam periode lama.

CASING SERVER

Chassis merupakan bagian paling luar server yang melindungi sistem komponen bagian dalam. Server memiliki beberapa tipe chassis yaitu :

  • Tower
  • Rackmount
  • Blade

Tower – Merupakan chassis  tower mirip  PC desktop  pada umumnya dan umumnya digunakan pada server kelas value dan mid-end.

TowerGb2. Chassis Tower

Rackmount 1U  – Chassis berbentuk pipih dengan satuan ketinggian U atau 1.75 inch. Chassis ini ditujukan untuk server yang akan dipasang pada rak kusus server sehingga lebih menghemat tempat dibanding dengan tower server.

rack1U_

Gb3. Chassis rackmount 1U

Mini rackmount 1U – Mini  rackmount sebenarnya adalah server rackmount 1U yang memiliki ukuran depth (kedalaman) lebih pendek dibanding server rackmount 1U pada umumnya yaitu sekitar 38cm. Jadi selain kecil mini rackmount 1U juga lebih pendek sehingga memungkinkan mini rackmount 1U dipasang pada rak yang ukurannya lebih kecil seperti rak wall mount.

rack1U

Gb4. Mini rackmount 1U

Rackmount 2U – Rackmount dengan ukuran tinggi dua kali rackmount 1U yang memiliki ruang lebih besar dibanding rackmount 1U sehingga dapat memuat lebih banyak hard disk dan perangkat perangkat server lainnya.

rack2U

rack2U_

Gb5. Rackmount 2U

Blade – Merupakan server rackmount (rackmount 1U) yang disusun secara vertikal untuk mengakomodasi jumlah server yang cukup banyak yang disusun pada sebuah cabinet khusus server blade.

Gb6. Casing Blade (Blade server)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: