RAM

Pada umumnya RAM sering disebut sebagai memori yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara  sebelum ditransfer dari dan menuju ke processor. Dalam komputer data dan aplikasi disimpan pada hard disk.

Biasanya server menggunakan  RAM tipe DDR (Double Data Rate) yang merupakan pengembangan RAM SDRAM (Single Data RAM). Secara teori DDR membawa data sebesar 2 bit data setiap siklus clock-nya, sehingga kinerjanya dua kali lipat dibanding SDRAM. DDR2 merupakan DDR generasi kedua yang mengalami penyempurnaan kinerja dan reduksi panas. Untuk tipe RAM tekini adalah DDR3 yang merupakan generasi RAM setelah DDR2 yang memiliki kelebihan dibanding DDR2 yaitu kecepatan transfer data yang meningkat dari DDR2, selain itu DDR3 beroperasi pada tegangan 1,5 Volt sedang DDR2 bekerja pada tegangan 1.8 Volt.

RAM DDR/DDR2 memiliki beberapa varian teknologi berdasarkan kegunaannya yaitu :

  • Unbuffered : biasanya digunakan pada PC desktop biasa.
  • ECC  ( Error Correction Code ) : Digunakan pada server value atau workstation . fungsi ECC adalah untuk memeriksa dan  mengkoreksi kesalahan bit data yang masuk ke RAM. Secara fisik RAM ECC memilki perbedaan dengan RAM biasa yaitu ECC memiliki jumlah IC  9 atau 18 buah IC sedang RAM biasa memilki IC 4, 8 atau 16 buah IC
  • ECC registered : Digunakan pada server mid to high-end. Merupakan RAM ECC yang memiliki sebuah IC register yang berfungsi meningkatkan kinerja RAM dalam menangani data besar.
  • FBDIMM (Fully Buffered DIMM) : merupakan RAM DDR2 tipe terbaru yang khusus digunakan pada server dengan chipset 5000. Perbedaan FBDIMM modul dengan modul RAM yang lain adalah komuniasi controller antar modul adalah serial. sedang untuk modul RAM yang lainnya menggunakan pararel sehingga memungkinkan untuk menghubungkan lebih banyak modul  RAM. Dengan teknologi FBDIMM memungkinkan hingga delapan modul setiap channelnya. FBDIMM memungkinkan mencapai 21GB/s ( 3x lipat dibanding teknlogi sebelumnya dimana pada DDR2 biasa hanya mampu menangani bandwidth 8GB/s).

Dual Channel pada RAM.

Saat ini pada umumnya setiap motherboard pasti memiliki konfigurasi pemasangan RAM dual channel. Yang dimaksud dengan dual channel adalah memasang dua keping memori yang identik baik kapasitas maupun kecepatannya sehingga didapatkan bandwidth 2 kali lipat dari bandwidth 1 keping RAM atau memori.

Quad Channel pada RAM.

Untuk Quad Channel biasanya hanya terdapat pada motherboard server. yang dimaksud quad channel adalah memeasang 4 keping memori yang identik kapasitas maupun fekuensinya sehingga didapatkan bandwith sebesar 4 kali lipat dari bandwidth 1 keping RAM atau memori. Implementasi Quad Channel ini menggunakan RAM jenis FBDIMM.

Tabel Perbandingan Bandwidth DDR3 vs DDR2

Gambar Tipe Memori

Gambar FBDIMM

FBDIMM secara fisik mudah dikenali. pertama adalah pasti memiliki heat sink, kemudian pada bagian depan terlihat agak menonjol, jika dilihat dari bagian atas terlihat ada semacam processor atau chipset.

DDR3 ECC

Untuk memori ECC pasti memiliki jumlah IC  9 atau kelipatannya pada sebuah modul memori

Gambar DDR3 ECC Reg

Untuk memori ECC Reg memiliki sebuah IC Register yang bentuk berbeda dengan yang lain .

Istilah-istilah yang sering digunakan pada memori :

  • MT/s (Megatransfers per second) : Merupakan banyaknya transfer data setiap detiknya.
  • MHz : Merupakan satuan clock speed  dari RAM. Untuk RAM DDR memiliki transfer data dua kali dari besarnya clock speed. Sehingga DDR3 yang memiliki clock speed 667Mhz memiliki transfaer data sebesar 1333MT/s.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: