Sekilas mengenai Cluster Server

Dipindahkan ke  http://kupasserver.blogspot.co.id

Advertisements

8 Responses

  1. You replied to this comment.

    • Mas Agus, untuk mengurangi downtime menurut saya yang paling efektif menggunakan virtualisasi. Atau bisa menggunakan dua server dimana storage didalamnya dikonfigurasi seolah olah shared storage menggunakan drbd .

      Untuk konfigurasinya minimal menggunakan heartbeat yang berfungsi mendeteksi server down, DRBD berfungsi melakukan replikasi blok device sehingga seolah olah hdd kedua server seperti Raid 1.
      Untuk teknis nya contohnya bisa dilihat di link konfigurasi heartbeat dan drbd. Terakhir saya menggunakan centos 5 untuk centos 6 dan 7 saya belum pernah coba.

      Semoga membantu.

      • mas IW, tolong dijelaskan soal teknologi virtualisasi yang dikatakan dapat meminimalisir downtime… terima kasih

        • Untuk teknologi virtualisasi dapat menggunakan vmware misalnya didalamnya diinstall gues os windows yang ada databasenya. Dan disitu anda cukup membuat snapshot ( scheduled snapshot bisa setiap 1 menit) jadi jika terjadi kerusakan pada guest OS Anda cukup me restore dari snapshot yang telah dibuat. Semuanya kembali normal termasuk OS nya. Semoga bisa membantu

  2. nak tanya,, saya ada 2 server DB cluster.. skg memory free 1 server sudah low dan 1 lagi masih ok. saya ingin tambah memory, memang perlu ke tambah memory kena sama dgn kedua-dua server?

    • @ Zul, sorry nih baru buka buka blog saya lagi. Untuk cluster idealnya menggunakan memory yang sama dengan server pasangannya. Jika tidak juga tidak apa-apa, hanya saja jika salah satu down kemungkinan server tidak akan bekerja maksimal seperti server yang down tersebut jika server yang down tersebut memiliki spek yang lebih tinggi.

  3. thank atas penjelasannya… sekalian kasih contoh penggunaan dan konfigurasi servernya dong… soalnya.. bagus banget nih.. artikelnya….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s