Konfigurasi Heartbeat

Heartbeat merupakan perangkat lunak yang umum digunakan  untuk HA (High Availability) atau sering disebut juga failover. Heartbeat  perlu dikombinasikan dengan resource yang diperlukan untuk membangun failover yang memiliki kemampuan menghetikan dan memulai service yang diignginkan seperti service IP address, webserver, mounting blok hard disk , dsb. Heartbeat menjalankan script inisialisasi untuk menjalankan service lain saat heartbeat dijalankan atau bisa juga mematikan service lain saat heartbeat dimatikan. Heartbeat juga melakukan perpindahan IP address dari satu server ke server yang lain (IP floating).

Komunikasi heartbeat bisa dilakukan melalui serial ports, UDP/IP broadcast (ethernet dll), UDP/IP multicast (ethernet). Selain itu heartbeat juga menangani banyak service yang akan dijalankan pada saat server  menjadi aktif.

Untuk penginstalan heartbeat pada CentOS 6 harus menambahkan repo epel. Untuk CentOS 5 tidak perlu melakukan instalasi epel repsitory, langsung saja seperti langkah di bawah ini.

Konfigurasi Heartbeat di bawah menggunakan 2 buah server : node00 (digunakan sebagai master s, node 01( digunakan sebagai server pasif).

Untuk melakukan instlasi heartbeat sbb :

  1. Install heartbeat dengan perintah “yum -y install heartbeat“. Kemudian lakukan konfigurasi pada ketiga file yang terdiri dari ha.cf, authkeys, dan haresources.
  2. Konfigurasi file authkeys dengan perintah “nano /etc/ha.d/authkeys“. Isikan seperti gambar di bawah, rainer merupakan password yang digunakan agar 2 node atau lebih bisa berkomunikasi. Jadi password ini bisa diisi sesuai dengan keinginan.
  3. Lakukan langkah no.2 ke server yang lain, atau jika tidak ingin repot bisa dikopi saja ke direktori yang sama yaitu direktori /etc/ha.d
  4. Ketikan perintah “chmod 600 /etc/ha.d/authkeys” pada kedua server.
  5. Kemudian lakukan konfigurasi pada file ha.cf seperti gambar di bawah. node00 dan node01 adalah nama host (hostname) server, jadi dalam konfigurasi failover ini ada dua host atau server. bcast adalah interface yang digunakan heartbeat untuk memonitor apakah node lain masih hidup atau tidak, bcast  ini bisa diisi dengan eth0, eth1, dan bisa juga br0. Setelah konfigurasi selesai simpan file dengan menekan <Ctrl><X> bersamaan lalu tekan <Y> kemudian tekan <Enter>.
  6. Untuk langkah no 5 harus dilakukan pada masing masing server, jika tidak ingin repot tinggal kopi saja dari server yang sudah dikonfigurasi ke server lain pada direktori yang sama.
  7. Kemudian lakukan konfigurasi file haresources dengan perintah “nano /etc/ha.d/haresources”, lihat gambar di bawah ini.
  8. Maksud isi konfigurasi diatas adalah node00 sebagai node server aktif dan node lain adalah pasif, IPaddr berfungsi menambahkan IP pada node yang aktif, sehingga node yang aktif akan memiliki IP yang seperti yang ditulis pada heresources, dan IP ini bisa berpindah ke node yang lain jika aktif node mengalami down (atau kerusakan hardware). Sedang service httpd adalah service web server, jadi pada saat node aktif bekerja atau berjalan secara otomatis web server juga akan aktif, jika mengalami kegagalan web server akan aktif pada server lain yang memiliki IP floating. Untuk service lain juga bisa didaftarkan pada haresources agar dapat melakukan failover.
  9. Kemudian jalankan service heartbeat pada kedua node dengan perintah “service heartbeat start“.
  10. Jika pada node00 muncul IP  seperti gambar di bawah berarti konfigurasi sudah benar. 
  11. Kemudian matikan server node00 lalu lihat pada node01, jika pada node01 muncul IP yang sama dengan node00 berarti konfigurasi failover sudah benar.
  12. Tinggal aplikasi mana yang akan didaftarkan pada heartbeat agar bisa melakukan failover. aplikasi yang didaftarkan ditambahkan pada file haresources.

Sekilas mengenai Cluster Server
Perangkat lunak pendukung failover
Konfigurasi DRBD


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: