Meningkatkan Performa iSCSI

Performa iSCSI bagus karena mampu memaksimalkan bandwidth Gigabit ethernet. Pada umumnya setiap pengguna iSCSI ingin memiliki atau membeli 10Gbps ethernet connection untuk bisa memiliki bandwidth setara dengan kecepatan RAID local disk. Tetapi ujung-ujungnya mentok pada dana yang dimiliki, alias harganya masih sangat mahal. Ada dua cara yang umum digunakan untuk menaikan throughput Gigabit ethernet

  • Menggunakan Teknik Bonding, akan tetapi pada teknik bonding tidak cocok digunakan untuk iSCSI.  Penulis sudah mem-benchmark berbagai mode dari teknik bonding mulai dari active-backup, balance-xor, IEEE 802.3ad Dynamic link Aggregation (LACP), balance-tlb dan balance alb menggunakan switch yang mendukung LACP, akan tetapi kesimpulan menunjukan bonding tidak cocok untuk iSCSI. Meskipun bonding sudah dikonfigurasi dengan benar throughput maksimum hanya sekitar 107MB/s yang berarti setara dengan kecepatan satu Gigabit ethernet card.
  • Menggunakan DM-Multipath yang membutuhkan lebih dari satu I/O dimana beban akan dibagi rata pada masing-masing I/O (round-robin). Pada DM-Multipath bisa menaikan throughput komunikasi blok device tetapi tidak bisa maksimal seperti throughput  read/write lokal disk. I/O bisa berupa NIC (Network Interfce Card) atau  HBA (Host Bus Adapter).

DM-Multipath

DM-Multipath menyediakan I/O failover dan load balancing interkoneksi pada linux untuk menangani pengiriman dan penerimaan data pada block device (hard disk)dengan menggunakan device-mapper. Dengan kata lain DM Multipath dapat memaksimalkan throughput atau melakukan failover pada komunikasi blok hard disk yang menggunakan lebih dari satu I/O (bisa menggunakan NIC). DM-Multipath bisa juga digunakan untuk melakukan failover pada HBA pada suatu server sehingga jika satu HBA mati, maka HBA yang lain akan menjadi penggantinya secara otomatis.

Instalasi DM Multipath pada CentOS 6

Multipath ini di-install pada server (iSCSI inititator), bukan pada iSCSI target

  1. Lakukan  instalasi dengan mengetikan perintah yum -y install device-mapper-multipath .
  2. Tempelkan atau login ke iSCSI target.
  3. Lihat wwid dari iSCSI yang telah ditempel pada iSCSI initiator dengan perintah scsi_id  – -whitelisted – -page=0x83 /dev/<path disk>. path disk diisi contoh sda, sdb dsb.
  4. Setelah mendapatkan scsi_id, lakukan konfigurasi multipath dengan perinth nano /etc/multipath.conf. Setelah selesai simpan konfigurasi.
  5. Load multipath dengan perintah modprobe dm-multipath.
  6. Jalankan multipath dengan perintah service multipath restart.
  7. Ketikan perintah multipath -v2 untuk mengetahui apakah ada error atau tidak.
  8. Ketikan perintah multipath -ll untuk mengetahui apakah multipath sudah berjalan atau belum. Gambar dibawah menginformasikan bahwa ada 2 koneksi ( 2 LAN) yang digunakan untuk mengakses iSCSI target. Meskipun ada dua hard disk sdb dan sdc, sebenarnya dua hard disk tersebut adalah sama  satu hard disk pada iSCSI target.
  9. Untuk disk yang sudah dikonfigurasi device mapper ada didalam  /dev/mepper/<nama_disk>. Misal akan melakukan mount, tinggal mengetikan perintah mount /dev/mepper/<nama_disk> /mnt.
  10. Konfigurasi multipath selesai. Komunikasi iSCSI akan menggunakansejumlah NIC yang digunakan untuk multipath.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: